May 22, 2022

utukusi.net

Utukusi Blog

Cara Memanfaatkan Fintech Bagi Pelaku UMKM

5 Cara Memanfaatkan Fintech Bagi Pelaku UMKM

Pinjaman modal usaha berbasis online berkembang pesat karena pengaruh teknologi finansial (fintech) yang makin mutakhir. Jika dahulu mengajukan pinjaman untuk modal usaha awal dari bank terbilang cukup rumit, kini prosesnya jadi lebih mudah dengan adanya fintech. Di sisi lain, fintech juga menawarkan berbagai produk pinjaman bagi para pelaku UMKM, yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Pinjaman Modal Usaha Fintech

Fintech terbukti sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM. Terlebih lagi, jika itu didukung oleh aplikasi pinjaman online yang efisien dan sudah terdaftar di OJK. Tidak hanya itu, fintech juga mampu menyediakan pinjaman modal usaha sesuai kebutuhan. Dengan demikian, penyedia layanan fintech dapat menyesuaikan tingkat risiko yang berbeda antara pemberi pinjaman dan peminjam.

Inilah 5 Cara Memanfaatkan Fintech bagi Pelaku UMKM

Teknologi memainkan peran penting dalam membantu pelaku UMKM untuk berinovasi dan menjadi lebih produktif.  Salah satu cara untuk memaksimalkan peranan teknologi adalah melalui pemanfaatan layanan fintech.  Hal tersebut juga memungkinkan pelaku UMKM untuk berkembang secara efektif di pasar yang kian kompetitif, terutama dalam hal layanan pinjaman pribadi atau modal usaha, perdagangan aset keuangan, dan otomatisasi akuntansi yang lebih hemat waktu.  Untuk itu, berikut adalah 5 cara memanfaatkan fintech bagi para pelaku UMKM.

E-commerce

Di masa pandemi seperti sekarang ini, para pelaku UMKM mulai beralih ke perdagangan elektronik atau istilah asingnya e-commerce.  Ini memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan pasar yang berkembang. Para pelaku UMKM juga dapat mendirikan toko daring secara mudah melalui berbagai pilihan platform e-commerce, seperti misalnya Lazada, Tokopedia, Shopee, dll.

Proses Pembayaran

Fintech pada dasarnya berperan untuk mempermudah pemilik bisnis menjalankan operasinya dengan lancar. Dengan memanfaatkan teknologi keuangan berbasis digital, seller dan pembeli tentunya dapat bertransaksi secara praktis dan aman.

Pendanaan dan Pinjaman

Fintech juga membuat seluruh jaringan bisnis lebih efisien karena menghubungkan pemberi pinjaman modal usaha dan peminjam dengan mudah. Dengan kata lain, pelaku UMKM mendapatkan pinjaman usaha lebih cepat dari sebelumnya berkat fintech. Alih-alih harus ke bank, membawa berkas dokumen dan melalui proses peninjauan ekstensif yang panjang, yang sering kali berujung dengan penolakan, financial technology membuat segalanya menjadi lebih cepat dan mudah.

Itulah mengapa, fintech berhasil mengembangkan reputasi yang kuat di industri perbankan saat ini. Karena melalui teknologi keuangan tersebut, kini kriteria kelayakan pinjaman instan lebih mudah dipenuhi. Pun, persyaratan pengajuan pinjaman juga menjadi lebih simpel apabila dibandingkan dengan program yang ditawarkan oleh bank konvensional.

Akuntansi

Pelaku UMKM dapat menghemat biaya akuntansi dengan menggunakan fintech. Teknologi keuangan digital dapat membantu pemilik usaha kecil melacak pajak pribadi dan bisnis, pengeluaran, pembayaran gaji dan kontraktor, pemotongan dan masih banyak lagi.

Privasi dan Keterlibatan Pelanggan

Salah satu ancaman terbesar yang dihadapi suatu bisnis adalah pelanggaran privasi. Dengan memanfaatkan fintech, serangan cyber bisa dihindari. Selain itu, manfaat lain dari financial technology adalah dapat memberikan wawasan yang kaya kepada para pelaku bisnis tentang keterlibatan pelanggan. Karena dengan menggunakan data yang disediakan oleh fintech, pelaku UMKM dapat meninjau prospek bisnis dan minat pelanggan secara tepat.

Nah, itu dia sekilas tentang fintech dan cara memanfaatkannya bagi pelaku UMKM.  Dengan beralih ke teknologi keuangan digital, proses transaksi jual-beli akan menjadi lebih efisien, praktis, dan aman. Oleh karena itu, beralihlah sekarang ke inovasi teknologi fintech yang berkomitmen untuk membangun akses layanan keuangan yang transparan dan aman seperti Finmas.