June 22, 2021

utukusi.net

Utukusi Blog

Cara Terbaik Mengatasi Kanker Prostat

5 Cara Terbaik Mengatasi Kanker Prostat dari SehatQ.com

Kanker bisa dialami oleh siapa saja, tetapi kanker prostat khusus dialami oleh laki-laki dengan urutan 2 terbanyak dibandingkan jenis kanker lainnya. Kanker ini menyerang alat kelamin yang berisiko buruk jika tidak segera ditangani dengan benar. Berikut ini cara mengatasi kankernya yang bisa dilakukan agar tidak semakin parah.

1. Operasi Prostat

Cara yang paling awal bisa dilakukan adalah tindakan operasi. Di mana cara ini untuk mengangkat sebagian dan keseluruhan dari kelenjar prostat, tergantung dari risiko kanker yang dialami. Bagian yang diangkat juga mengikutsertakan jaringan dan kelenjar getah bening yang ikut terkena akibat dari kanker prostat.

Operasi prostat ini ada dua jenis yaitu Prostatektomi radikal dengan teknik pengangkatan jaringan kelenjar prostat secara keseluruhan. Tindakan ini dengan sayatan yang lebar pada bagian kulit atau menggunakan laparoskop dengan sayatan yang lebih kecil.

Jenis kedua adalah Prostatektomi sederhana yang tidak mengangkat seluruh jaringan prostat. Tindakan ini tujuannya hanya untuk mengatasi pembesaran kelenjar prostat dan mencegah penyebaran kanker prostat ke organ lainnya.

2. Terapi Radiasi

Cara berikutnya untuk mengatasi kanker ini dengan melakukan terapi radiasi atau disebut dengan radioterapi. Tindakan ini biasanya dilakukan setelah operasi yang manfaatnya untuk membunuh sisa sel kanker agar tidak ada lagi bibit yang tertinggal.

Cara penanganan ini akan membantu  meringankan gejala dan menghambat perkembangan sel kanker terutama pada penderita kanker prostat stadium lanjut. Selama menjalani tindakan medis ini Anda harus menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim.

Hasil dari radioterapi ini baru kelihatan setelah beberapa bulan tergantung dari kondisi kankernya. Jenis radioterapi ada tiga yaitu eksternal, internal, dan sistemik. Tindakan mana yang akan dipilih ditentukan oleh dokter sesuai dengan kondisi kanker.

3. Terapi hormon.

Kanker prostat dapat diatasi dengan terapi hormon. Penanganannya dapat dilakukan setelah ataupun sebelum terapi radiasi. Manfaatnya jika penanganan sebelum terapi untuk meningkatkan keberhasilan pengobatan.

Manfaat berbeda didapatkan saat dilakukan setelah radioterapi yaitu membantu mengurangi risiko sel kanker bermunculan kembali. Apalagi jika Anda tidak bisa mengendalikan diri dengan menghentikan kebiasaan merokok. Risikonya akan lebih besar dan bisa terjadi kapan saja apalagi ada faktor pemicunya.

4. Kemoterapi

Cara mengatasi kanker ini harus dilakukan dengan cepat sebelum semakin berbahaya. Pilihan lainnya bisa dengan tindakan kemoterapi menggunakan obat yang akan bekerja menghilangkan sel kanker di dalam tubuh.

Biasanya obat-obatan diberikan menggunakan infus atau dalam bentuk obat tablet. Tindakan ini sangat tepat menjadi pilihan saat sel kanker sudah mulai menyebar ke organ lain. Hanya saja hasil dari kemoterapi ini memerlukan waktu yang lebih panjang.

5. Krioterapi

Selanjutnya cara penanganan dengan menggunakan metode krioterapi yang manfaatnya untuk membekukan jaringan. Cara kerjanya dengan memasukkan gas yang dingin untuk membunuh sel kanker. Di mana kanker akan mulai hilang secara bertahap.

Hanya saja penanganan dengan cara ini tidak bisa dilakukan jika memiliki riwayat alergi terhadap dingin, ada penyakit Raynaud dan Cryoglobulinemia. Setelah penanganan operasi Anda diharuskan untuk selalu menjaga kebersihan luka dengan mengganti perban secara rutin. Selain itu tentunya harus mengonsumsi obat yang diberikan tepat waktu.

Penting sekali untuk Anda melakukan konsultasi kepada dokter yang ahli agar mendapatkan info penyakit kanker prostat ini. Informasi yang didapatkan tentunya lebih akurat dan bisa mencegah agar kanker tidak menyebar dengan cepat dan membahayakan nyawa. Jangan menunda penanganan kanker, lebih cepat lebih baik agar bisa segera sembuh dan beraktifitas kembali.