March 2, 2021

utukusi.net

Utukusi Blog

Beberapa Kegiatan Pendukung Masa Emas Pada Pertumbuhan Anak

Beberapa Kegiatan Pendukung Masa Emas Pada Pertumbuhan Anak

Golden years merupakan sebutan untuk usia perkembangan anak yang sangat penting selama pertumbuhannya. Selama masa ini, anak akan mudah memproses informasi yang ada dalam lingkungannya. Selain itu, pada masa ini anak akan cenderung menunjukan perkembangan yang optimal mulai dari dapat berjalan hingga berbicara. Sehingga menjamin nutrisi anak selama pertumbuhan dan perkembangannya di masa ini merupakan kegiatan yang diperlukan.

Masa Golden years terjadi mulai anak dilahirkan hingga mencapai usia 5 tahun. Meski anak masih dapat memproses informasi dan tumbuh setelah masa tersebut namun pada masa ini karakter dan kecerdasan anak mulai terbentuk. Sehingga dibutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai dalam mendukung pertumbuhan mereka. Pastikan anda tidak kurang ataupun lebih dalam memberikan nutrisi untuk buah hati anda dalam menunjang tumbuh kembang mereka. Salah satu komponen yang penting bagi tumbuh kembang anak adalah vitamin dan mineral. Adapun manfaat vitamin bagi tubuh adalah membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh.

Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam menunjang kesehatan dan gizi anak usia dini. Dimana anda dapat memberikan makanan yang kaya akan makro dan mikro nutrisi yang merupakan dasar kebutuhan nutrisi harian anak tercukupi. Dalam menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini, anda dapat melakukan beberapa hal yang dapat dilakukan berikut :

  1.     Memberikan makanan diproses dengan bersih

Makanan yang bersih merupakan penunjang kesehatan dan gizi anak usia dini. Dimana makanan yang bersih adalah makanan yang proses memasaknya terjamin kebersihannya baik bahan baku pembuatan makanan hingga piranti yang digunakan. Terkadang beberapa resto kebersihan makanannya kurang sehingga menyebabkan masalah kesehatan pada anak. Ada baiknya anda memberikan makanannya yang dibuat sendiri.

  1.     Memberikan menu makanan rumahan yang dibuat sendiri

Makanan rumahan yang dimaksudkan adalah makanan yang dibuat oleh ibu mereka. Sebab, kebersihan dan juga kesehatan makanan sudah pasti terjamin. Ada baiknya anda mengurangi proses pemasakan makanan agar tidak mengurangi nutrisi dalam makanan. Namun, tetap memperhatikan kematangan makanan seperti memasak makanan digoreng saja atau direbus saja. Jangan mencampurkan dua step pembuatan makanan.

  1.     Mengurangi konsumsi junk food dan penyedap

Junk food akan menyebabkan obesitas karena kandungan lemak jahatnya yang tinggi. Selain itu, kadar gula dalam minuman café atau resto terkadang mengandung gula tinggi yang berbahaya bagi kesehatan. Ada sebaiknya anak diajarkan mengkonsumsi makanan sehat.

  1.     Memberikan snack yang bernutrisi

Pemberian snack dapat diberikan untuk selingan makanan. Dalam memberikan snack kepada anak, anda dapat memberikan snack bernutrisi seperti salad buah, granola bar ataupun dapat berupa buah segar. Pemberian susu juga dapat diberikan untuk menunjang pertumbuhan.

  1.     Waktu tidur yang cukup

Waktu tidur yang cukup akan mengoptimalkan kinerja otak anak. Waktu tidur yang baik dan optimal untuk anak adalah 10 hingga 12 jam dalam sehari.