August 6, 2021

utukusi.net

Utukusi Blog

Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Dipahami

Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Dipahami

Terjadinya penyakit jantung umumnya dianggap sebagai masalah laki-laki. Padahal, setiap orang, tanpa memandang jenis kelamin, memiliki risiko penyakit jantung yang sama. Pasalnya, meski pria usia subur memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung setelah menopause. Oleh karena itu, perlu dipahami gejala sakit jantung pada wanita.

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

  1. Merasa Tidak Nyaman dan Terasa Nyeri Dada

Gejala penyakit jantung yang paling umum pada wanita adalah ketidaknyamanan dan nyeri dada. Kondisi ini sangat berbeda dengan nyeri dada yang hanya muncul di dada kiri pria. Pada wanita, nyeri ini hampir di seluruh dada.

  1. Nyeri di Lengan, Punggung, dan Leher

Selain dada, lengan, punggung, leher, bahkan rahang juga menjadi sasaran nyeri. Nyeri yang terjadi pada bagian tubuh ini juga sangat berbeda dengan nyeri pada pria, biasanya hanya pada sisi kiri. Bagi wanita, nyeri bisa menyebar ke mana saja di area tersebut.

  1. Sakit Perut

Wanita tidak hanya menderita nyeri di beberapa bagian tubuh, tetapi juga sering menderita sakit perut yang parah yang merupakan tanda penyakit jantung pada wanita. Beberapa orang mungkin mengira bahwa kondisi ini hanya sekedar sakit maag atau mulas. Namun nyatanya sakit perut semacam ini bisa jadi merupakan gejala awal penyakit jantung pada wanita.

  1. Keringat Dingin

Apakah Anda sering merasa gugup dan berkeringat? Perhatikan, karena ini mungkin merupakan gejala penyakit jantung wanita. Kondisi ini biasanya diperburuk ketika stres seseorang lebih besar daripada stres berkeringat saat berolahraga. Karena itu, Anda perlu berhati-hati saat berkeringat.

  1. Sesak Napas, Mual, dan Pusing

Gejala penyakit jantung lainnya pada wanita termasuk sesak napas, mual dan pusing. Jika Anda mengalami kesulitan bernapas tanpa alasan yang jelas, itu mungkin pertanda masalah kesehatan jantung. Apalagi jika ada gejala lain.

  1. Kelelahan

Beberapa wanita yang mengalami serangan jantung sering merasa sangat lelah meskipun mereka duduk sebentar atau diam. Bahkan aktivitas sederhana, seperti pergi ke kamar mandi, berjalan-jalan sebentar, bahkan ketika hanya duduk saja.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Menjaga pola hidup sehat merupakan cara termudah untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Gaya hidup sehat ini meliputi olahraga teratur, menjaga berat badan ideal, mengonsumsi makanan sehat dan menghindari fast food, mengurangi asupan alkohol dan mengelola stres dengan baik..

Cara lain untuk mencegah gejala sakit jantung pada wanita adalah dengan mengkonsumsi Nestlé ACTICOR. Nestlé ACTICOR mengandung serat makanan larut β-glukan oat dan sawi putih mengandung inulin, yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), penyebab penyakit jantung. Selain itu, Nestlé ACTICOR merupakan minuman rendah lemak.