August 6, 2021

utukusi.net

Utukusi Blog

Jenis Bumbu yang Harus Ada Di Dapur

Jenis Bumbu yang Harus Ada Di Dapur

Dari sekian banyak daftar bumbu penyedap yang memang harus ada di dapur kalau disebutkan satu satu mungkin sangat banyak sekali.

Maka dari itu, kami akan berikan beberapa nama bumbu khas yang tentu saja sangat populer dalam hal pengolahan masakan menjadi lebih enak dan aromanya menjadi lebih sempurna kepada bunda di rumah.

Terkadang menjadi ibu muda, dan tidak pernah memasak sebelumnya sering bingung ketika mengisi bumbu dapur. Maka dari itu daftar bumbu dapur populer ini bisa bunda jadikan sebagai patokan nantinya.

Perlu juga bunda pahami, coba sesekali priksa kondisi bumbu dapur yang ada. Jangan sampai mempertahankan atau menggunakan bumbu dapur lebih dari 1 tahun dan harus diganti dengan yang baru tentu saja.

Daftar bumbu ini bukan hanya dijadikan sebagai pelengkap masakan namun banyak juga di olah menjadi jamu, namun daftar rempah-rempah yang saya rekomendasikan digunakan dalam banyak resep terkenal.

Merica putih

Cir khasnya adalah : Aroma lembut, rasa sangat kental dan mendalam.

Jika lada hitam difermentasi dan lada hijau dikeringkan, maka lada putih adalah buah yang sudah siap dimasak sempurna. Ini memiliki aroma asli yang lebih halus, rasa yang dalam dan lembut, dan tidak mengubah warna makanan.

Lada hitam juga merupakan bumbu yang baik, tetapi sebagian besar hasil giling tidak lebih baik dari hasil pabrikan dalam hal aroma dan rasa.

Garam laut yang kasar dan halus

Untuk mengasinkan makanan dan untuk pengawetan makanan sendiri garam memiliki peran yang sangat penting sampai untuk membuat aneka jenis sambal anda harus menggunakan garam.

Jenis garam sendiri ada bermacam macam, ada garam air laut yang lebih alami dan ada garam pabrikan yang lembut dan dan garam krosok. Secara alamiah yang terbaik sebenarnya adalah garam krosok ini.

Bunga Bintang

Bunga bintang ini memberikan kesan rasa menjadi lebih manis cocok anda gunakan dalam olahan jenis masakan berupa sup.

Cabe

Kemudian dari jenis cabe cabean, ada beberapa jenis cabe yang umum digunakan dalam bumbu seperti cabe rawit, kemudian cabe besar, cabe merah dan cabe hijau. Cabe rawit untuk memberikan efek pedas pada masakan sedangkan cabe lain sebagai penyempurna rasa.

Paprika Bubuk Manis

Jika anda hobi memasak jenis olahan ikan  yang dibuat sup, kemudian semur daging maka paprika sendiri wajib ada di dapur anda.

Paprika dapat digunakan sebagai pewarna dan pembawa rasa dan bau menjadi lebih manis.

Kunyit

Bubuk pedas yang memberi warna kemerahan, kekuningan pada makanan yang sulit dideskripsikan. Ini adalah bumbu pewarna pada makanan yang sangat alami dan menyehatkan tentu saja karena kunyit juga banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Ketumbar

Untuk membuat campuran pedas pada sebuah masakan menjadi lebih terasa dan nendang.

Tidak sering digunakan sendiri, tetapi termasuk dalam rangkaian bumbu multi fungsi dalam banyak campuran rempah dari berbagai belahan dunia. Biji ketumbar, berbeda dengan daun hijau, yang kita sebut ketumbar, tidak memiliki bau yang khas.

Kecap asin ringan

Bisa digunakan sebagai pengganti garam dengan rasa yang lebih kental tentunya. Ada juga kecap manis kemudian saous sambal yang bisa anda siapkan di rumah anda.

Selain itu masih ada banyak yang lain dalam memberikan cita rasa masakan khas nusantara misalkan anda mungkin juga butuh seperti : Pala, Daun Salam, Kayu Manis kemudian yang tidak ketinggalan ada Terasi, Tomat dan lain sebagainya.