November 30, 2021

utukusi.net

Utukusi Blog

Mengenal Gejala Autisme Pada Anak dan Penanganannya

Mengenal Gejala Autisme Pada Anak dan Penanganannya

Mengetahui autisme pada anak tidaklah mudah apalagi jika tidak ada riwayat keluarga autisme. Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah salah satu jenis gangguan perkembangan saraf, terutama ditandai dengan gangguan fungsi sosial dan komunikasi.

Anak-anak dengan ASD tidak memiliki kemampuan bahasa yang memadai dan mereka mungkin mengambil tindakan untuk mengungkapkan kebutuhannya seperti berteriak atau menangis. Penting untuk dicatat bahwa tingkat fungsi orang dengan autisme dapat sangat bervariasi, dan tidak semua orang dengan autisme akan mengalami semua gejala yang ada.

Gejala Autisme Awal pada Anak

Gejala awal autisme melibatkan perilaku yang tidak khas sehingga sulit dikenali. Dalam beberapa kasus, gejala awal autisme bahkan dapat disalahartikan sebagai “anak baik” karena anak tersebut mungkin tampak pendiam, mandiri, dan tidak kasar. Beberapa bayi autis tidak merespons pelukan saat menyusu, mengulurkan tangan, atau menatap ibunya.

Anak yang menderita autisme biasanya tidak akan melakukan kontak mata, seperti melihat kita saat makan atau tersenyum sambil tersenyum, menanggapi nama atau suaranya, mengikuti objek secara visual atau ikuti gerakan Anda saat objek ditampilkan.

Pengobatan untuk Autisme pada Anak

  1. Perawatan Perilaku dan Komunikasi
  • Applied Behavior Analysis (ABA)

ABA biasanya digunakan di sekolah dan klinik untuk membantu anak-anak mempelajari perilaku positif dan mengurangi perilaku negatif. Metode ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan baik itu menumbuhkan motivasi belajar, komunikasi, dan berbahasa.

  • Developmental, Individual Differences, Relationship-Based Approach (DIR)

Metode ini disebut “Floortime” karena para ibu harus duduk bersama anaknya untuk bermain dan melakukan aktivitas favoritnya. Ini bertujuan untuk mendukung perkembangan emosi dan kecerdasan dengan membantunya mempelajari keterampilan tentang komunikasi dan emosi.

  • Treatment and Education of Autistic and Related Communication-handicapped Children (TEACCH)

Perawatan untuk anak autis ini menggunakan isyarat visual (seperti kartu bergambar) untuk membantu anak mempelajari keterampilan dalam kehidupan sehari-hari seperti berpakaian. Metode ini dibagi menjadi beberapa langkah agar anak dapat mempelajarinya dengan lebih mudah.

  1. Menggunakan Obat-obatan

Saat ini belum ada obat untuk autisme. Tetapi obat-obatan tertentu dapat membantu meringankan gejala terkait, seperti depresi, kejang, insomnia, dan kurang konsentrasi. Apabila obat-obatan dikombinasikan dengan tepat maka akan sangat membantu penderita autisme.

  1. Nutrisi untuk Anak

Anak-anak dengan gangguan autisme tidak disarankan untuk melakukan diet khusus karena mendapatkan nutrisi yang tepat itu penting. Anak dengan gangguan autisme cenderung memiliki tulang yang lebih tipis, oleh karena itu makanan bernutrisi dan pembangun tulang sangat penting. Anda mungkin perlu bekerja sama dengan ahli gizi agar bisa memberikan nutrisi yang tepat untuk si kecil.

Sebaiknya orang tua bisa memahami masalah autisme pada anak sehingga bisa memberikan penanganan yang tepat. Ibu bisa mendapatkan berbagai informasi artikel parenting yang tepat di https://parenting.orami.co.id/.