November 30, 2021

utukusi.net

Utukusi Blog

Perbedaan Antara Kopi Hitam dan Hijau yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Antara Kopi Hitam dan Hijau yang Harus Anda Ketahui

Kopi hijau adalah kopi yang tidak melalui proses pemanggangan dan menjadi salah satu variasi kopi yang saat ini mulai banyak dikonsumsi. Disinyalir dari hasil penelitian ahli bahwa kopi ini memiliki manfaat lebih besar dibandingkan kopi hitam yang biasa Anda konsumsi. Benarkah demikian?

Sebenarnya, masing-masing kopi memiliki kekhasan sendiri dan keunggulan yang berbeda. Baik kopi hitam maupun hijau memiliki manfaat bagi tubuh manusia yang mampu memberikan berbagai efek positif.

Green Coffee vs Black Coffee

Belakangan kopi hitam dan hijau seringkali dibandingkan. Apalagi dengan makin banyaknya penikmat kopi yang menyukai green coffee membuat jenis kopi ini dikatakan memiliki banyak keunggulan dibandingkan kopi hitam. Agar Anda dapat mengetahui dengan jelas apa perbedaan keduanya, silakan simak uraian berikut:

1.     Kandungan Pada Biji Kopi

Pada dasarnya kandungan kopi hitam dan hijau tidak jauh berbeda pada mulanya. Keduanya sama-sama mengandung antioksidan. Namun, biji kopi yang tidak mengalami proses pemanggangan kandungan asam klorogenat dan polifenolnya masih terjaga. Sedangkan pada kopi hitam kandungan asam klorogenatnya sudah rusak karena proses pemanggangan.

Asam klorogenat merupakan salah satu zat yang mampu meningkatkan metabolisme hati dan membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Oleh sebab itu green coffee banyak dimanfaatkan sebagai minuman diet.

2.     Manfaat Biji Kopi

Kandungan asam klorogenat dalam kopi hijau memberikan manfaat cukup besar bagi tubuh, yakni dapat memperlambat penyerapan lemak. Hal ini membuat banyak orang berpendapat bahwa green coffee jauh lebih baik dibandingkan black coffee.

3.     Kadar Kafein

Salah satu faktor yang membedakan antara kopi hitam dan hijau adalah kadar kafein di dalamnya. Kopi yang tidak melalui proses pemanggangan cenderung memiliki kadar kafein lebih rendah dibandingkan kopi hitam yang diolah melalui proses pemanggangan.

Proses pemanggangan sendiri akan mengurangi kadar asam, rasa pahit, dan meningkatnya kadar kafein sehingga rasa yang dihasilkan akan berbeda dengan biji kopi yang tidak melalui proses pemanggangan.

4.     Mana yang Lebih Baik Dikonsumsi?

Dapat dikatakan kandungan dalam green coffee memang lebih baik dibandingkan black coffee. Mulai dari kandungan zat asam klorogenat yang masih terjaga hingga kafein rendah. Untuk Anda yang tidak tahan dengan kafein, maka green coffee menjadi minuman tepat, apalagi jika dalam masa diet.

Namun, kembali ke masalah selera. Kopi hitam memiliki rasa lebih nikmat dan aroma yang lebih nendang. Efek kopi hitam dalam membangkitkan semangat lebih tinggi karena memiliki kafein lebih tinggi. Jadi, untuk Anda yang membutuhkan semangat, kopi hitam adalah pilihan terbaik.

Memilih kopi hijau maupun hitam sangat tergantung dengan selera masing-masing, sebab setiap jenisnya memiliki keunggulan tersendiri. Asalkan selalu ingat untuk mengonsumsi kopi dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan agar kesehatan tetap terjaga.