May 8, 2021

utukusi.net

Utukusi Blog

Ragam Pola Tari Piring Yang Dilakukan Dalam Pertunjukkan

Ragam Pola Tari Piring Yang Dilakukan Dalam Pertunjukkan

Indonesia kaya akan budaya. Bagi kalian, kalimat tersebut nampak tidak asing bukan? Dalam beragam pelajaran yang diberikan, pengertian akan negara kita yang kaya akan kebudayaan sering dibawa dalam mata pelajaran yang diajarkan. Dimana kebudayaan itu sendiri didapatkan dari banyaknya jenis suku yang ada di Indonesia. Mulai dari tarian daerah, rumah adat, pakaian adat bahkan Bahasa, Indonesia sendiri memiliki beragam.

Nah, dalam pelajaran kalian sekolah dasar dahulu, kalian pasti diajak berkenalan dengan beragam budaya dalam negeri sendiri. Terutama untuk tarian daerah. Dalam festival sekolah sendiri, penampilan tarian daerah masih menjadi salah satu bagian dari festival yang tidak bisa dipisahkan. Dimana tarian daerah sendiri akan memperkenalkan kamu kepada ragam budaya yang dimiliki negeri. Salah satu ratian darah yang suka ditampilkan dalam festival adalah tari piring.

Tari piring sendiri merupakan tarian khas Minangkabau, Sumatera Barat. Tarian ini ditampilkan dengan pakaian adat dan dengan menggunakan piring sebagai propertinya. Dimana tarian yang menggunakan piring ini sendiri memungkinkan piring tidak terjatuh selama kegiatan pertunjukan yang berlangsung. Bahkan pertunjukkan tarian ini sendiri memiliki pola tersendiri dalam memperagakannya.

Pola lantai tari piring yang digunakan dalam pertunjukkan tarian yang dilakukan beragam. Pola lantai tari piring yang dilakukan merupakan kombinasi pola spiral, berbaris, lingkaran besar, lingkaran kecil, vertical serta horizontal. Pertama – tama penari akan membentuk Pola lantai tari piring spiral. Kemudian dilanjutkan ke Pola lantai tari piring membentuk lingkaran besar dan lingkaran kecil. Selanjutnya, Pola lantai tari piring sendiri menggunakan pola vertikal dan horizontal dalam gerakan yang dilakukan.

Ragam Pola lantai tari piring yang dilakukan tersebut menjadi kumpulan beberapa pola dalam tarian yang dilakukan tersebut. Kegiatan tari piring sendiri akan berakhir dengan melempar piring lalu penari akan berjalan menginjak piring tersebut sambal berjalan. Dimana hal tersebut menjadi daya tarik pertunjukkan tari piring itu sendiri dalam kegiatan pertunjukkan yang dilakukan.

Tari piring sendiri dipertunjukkan karena unik. Baik dari tarian sendiri yang bisa menggunakan piring di tangan yang tidak pecah ketika dipegang maupun kemampuan penarinya berjalan diatas pecahan piring tersebut.