June 22, 2021

utukusi.net

Utukusi Blog

Urban Farming, Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah

Urban Farming, Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah

Punya lingkungan hidup yang sehat dan bersih selalu menjadi impian setiap orang baik di desa ataupun perkotaan. Saat hidup di kota, agak sulit menemukan cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah karena keterbatasan area. Urban farming menjadi salah satu metode yang bisa digunakan sehingga lingkungan tampak hijau dan lebih bermanfaat.

Apa Itu Urban Farming?

Urban farming sendiri sebenarnya merupakan praktek pertanian yang bisa diaplikasikan di lahan-lahan sempit atau area pemukiman. Tujuan utama dari urban farming sendiri yaitu menyediakan pangan secara mandiri sehingga kemandirian pangan bisa terjaga. Ada banyak keuntungan dari kemandirian pangan seperti membantu kualitas hidup dan ketersediaan pangan sehat.

Pertanian dengan sistem ini bisa diaplikasikan dalam ruang sempit di perkotaan seperti di bagian atap, ruang kosong, hingga gedung bangunan. Setiap ruang dimanfaatkan semaksimal mungkin supaya bisa menghasilkan bahan pangan bermanfaat untuk penduduk. Selain itu, tanaman juga dapat memproduksi oksigen sehingga udara menjadi lebih bersih.

Ada berbagai macam bahan makanan yang bisa ditanam dalam sistem pertanian ini mulai dari sayuran, buah, hingga perikanan. Sistem ini tergolong sangat efisien karena limbah akan diolah kembali serta ada prinsip dimana air diatur supaya bisa seefisien mungkin. Urban farming juga bisa mencegah perluasan lahan pertanian yang mengakibatkan hilangnya hutan-hutan.

Keuntungan dari Urban Farming

Memulai urban farming bisa menjadi cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah yang paling mudah diterapkan. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika menerapkannya, berikut ini penjelasan lebih lanjutnya:

1. Kesehatan

Dari segi kesehatan, keamanan pangan menjadi isu yang sering tersebar saat ini terutama akibat penggunaan bahan kimia berlebihan. Input pertanian konvensional saat ini masih banyak berasal dari bahan kimia yang ketika dikonsumsi nanti meninggalkan residu. Praktik pertanian urban ini membuka peluang untuk pangan sehat yang bisa diakses sekaligus mendukung aktivitas fisik.

2. Ekologi

Selama ini, kehidupan di lingkungan seringkali tidak melihat ke bidang ekologi baik dari segi ekologi pangan hingga biodiversitas. Di lingkungan tempat tinggal biasanya biodiversitas menjadi sangat rendah dan praktik urban farming ini bisa membantu meningkatkannya. Selain itu ada juga sistem yang memperhatikan konservasi air hujan hingga perbaikan habitat.

3. Sosial

Tidak dapat dipungkiri, ada banyak sekali masyarakat yang mengalami keterbelakangan sosial terutama di kalangan anak muda. Pertanian urban ini bisa menjadi sarana pemberdayaan bagi semua umur sekaligus bisa menjadi sarana keamanan pangan untuk semua lapisan.

4. Ekonomi

Tidak hanya mendukung kebaikan lingkungan, pertanian urban juga sangat membantu dari segi perekonomian bahkan berpotensi membuka lapangan kerja. Input yang didapatkan dari pengolahan limbah serta hasil pertanian yang organik bisa menjadi penghasilan cukup besar.

Selama ada keinginan, sebenarnya ada banyak cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah. Mulai dari hal kecil saja yang bisa dilakukan karena ketika setiap orang mulai menerapkannya, lingkungan yang lebih baik akan tercipta.